Kamis, 20 Oktober 2011

Sejarah IRC

Kalau ngomong soal IRC pasti seru nih. Salah satu aktifitas kita sehari-hari didunia cyber yang ga ada matinya. Mungkin sebagian dari kita cuma bisa pake fasilitasnya aja nih namun belum tau tentang sejarahnya IRC. Nah kali ini saya akan menuliskan tentang sejarahnya IRC yang mudah-mudahan dapat menambah wawasan kita. Semoga bermanfaat.

Apa itu IRC?
IRC (Internet Relay Chat) adalah suatu sarana yang digunakan untuk berkomunikasi langsung secara online dengan orang-orang yang ada diseluruh dunia yang terhubung dalam suatu jaringan (network).

Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finlandia menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC (Internet Relay Chat). Dia membuat IRC client dan IRC server di Universitas Oulu, Finlandia. Jarkko tertarik pada software BBS yang dia gunakan di toslun.oulu.fi , untuk memberikan berita kepada pengguna jaringan, diskusi langsung dan beberapa fungsi lainnya. Implementasi pertama adalah bagian chat, yang dia pinjam dari temannya Jyrki Kuoppala dan Jukka Pihl . Itu pertama kali di test di sebuah mesin dan server pertama itu bernama tolsun.oulo.fi.

Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer pada saat itu membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web.

IRC di buat untuk menggantikan sebuah program yang biasa di sebut “talk” . IRC adalah multi-user chat system yang berhubungan dengan server di seluruh dunia. Kita kemudian dapat join ke sebuah ruang chat atau biasa di sebut channel . Itu adalah sebuah ruangan virtual untuk pertemuan para pengguna IRC. 

Internet Relay Chat kemudian disempurnakan pada saat perang gurun di tahun 1991. Antara periode ini, informasi diterima salurkan ke seluruh dunia. Sebuah keluarga dapat berkomunikasi dengan jarak beribu-ribu mil. IRC adalah sebuah tempat pertemuan untuk siapa saja yang membutuhkan informasi langsung up to date dan dapat dipercaya. Kegunaan IRC sangat membantu pada saat kerusuhan Los Angeles, saat pemboman Israel, pemilihan presiden di Amerika Serikat, dan juga penempatan Monica Lewlinsky. Jaringan IRC BBS makin dipercaya dalam kebebasan berbicara.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More