Kamis, 27 Oktober 2011

Mendapatkan Akses Root atau Superuser pada Android

Bagi teman-teman yang sudah terbiasa dengan linux pasti sudah tidak asing dengan kata ROOT. Terkadang istilah ini disebut dengan Superuser. Maksudnya seperti "administrasi" dalam suatu sistem. Idealnya bisa dibilang user yang memiliki akses penuh dan tidak terbatas atas suatu sistem maupun program untuk mengubah, menghapus,  mengedit, bahkan menjalankan semua perintah yang restricted (dilarang) pada sistem tersebut. 
Sedangkan nge-Root berarti upaya seseorang untuk mendapatkan akses tanpa batas tersebut (dari user biasa menjadi superuser).

Mengapa kita harus nge-Root android kita?

Banyak sekali kegunaanya. Contohnya kita bisa lihat-lihat isi memori internal android kita bahkan kita bisa mengubah atau menghapus datanya termasuk data dari bawaan Hp android kita. Kebanyakan orang menggunakan akses ini pada Hp android yaitu untuk menjalankan aplikasi yang membutuhkan akses Root, menaikkan kinerja prosesor Hp diatas standarnya (overclock) dan mem-backup aplikasi bawaan.

Ada resiko nggak ya kalau Hp kita di Root?
Upaya kita untuk nge-Root berarti kita sudah melampaui akses yang diberikan oleh si pembuat Hp. Tentunya ini pasti ada resikonya. Service Center akan menolak garansi ketika Hp kita dalam keaadan Root. Akan tetapi kita tidak perlu khawatir Hp kita bisa dikondisikan lagi seperti semula. Nah... proses ini dinamakan Unroot.

Bagaimana cara nge-Root Android?
Cara paling mudah untuk mendapatkan akses Root yaitu dengan menggunakan SuperOneClick.
1. Silahkan download SuperOneClick di link yang sudah saya sediakan dibawah.
2. Extractlah file yang sudah didownload.
3. Pastikan driver Hp Android kita sudah terinstall di komputer.
4. Pastikan Hp Android kita sudah dalam keadaan Debugging Mode (Adb mode). Caranya pilih Pengaturan » Aplikasi » Perkembangan » centang Mendebug USB.
5. Sambungkan Hp Android ke komputer melalui kabel USB. Tunggu sampai debugging selesai.
6. Eksekusi Superoneclick.exe.
7. Klik tombol Root
8. Harap tunggu. Jika keluar kata "Success!" berarti proses nge-Root sudah berhasil.

9. ProRestart Hp.
10. Selesai

Download link: SuperOneClick v2.1.1
Semoga Bermanfaat.

1 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More